Apa Itu Brand Awareness? Berikut penjelasannya

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan sebuah tolok ukur suatu merek untuk lihat seberapa jauh pemahaman pelanggan pada merek berdasarkan piramida 4 tingkatan merek awareness.

Oleh sebab itu, pada artikel ini akan kami bahas secara singkat mengenai apa itu kesadaran merek, apa saja tingkatannya, dan bagaimana langkah meningkatkannya. Simak sampai akhir!

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah arti pemasaran yang melukiskan tingkat kapabilitas tujuan audience mengenali suatu merek. Idealnya, kesadaran tujuan audience pada merek bisa mencakup persepsi positif pada kualitas yang membedakan suatu merek dari pesaingnya.

Contoh lebih dari satu merek yang sering masyarakat sangka sebagai nama barang keperluan sehari-hari, yaitu Aqua (air mineral), Softex (pembalut wanita), Odol (pasta gigi), Indomie (mi instan), Pampers (popok bayi), Hansaplast (plester luka), Chiki (makanan ringan), Toa (megafon/pengeras suara), dan tetap banyak lagi.

Bagaimana Cara Kerja Brand Awareness?

Brand awareness adalah ilmu atau kesadaran customer terhadap merk suatu dari produk. Ketahui pentingnya merk awareness bagi usaha di sini.

Sobat OCBC NISP, pernahkah mendengar makna merk awareness? Istilah tersebut sering ditemukan di dalam dunia bisnis, baik yang memproses barang atau menjual jasa. merk awareness berkaitan dengan pengenalan sebuah merk dagang kepada customer ataupun calon pembeli.

Kata kuncinya ada terhadap ‘aware’. Aware berarti mengetahui dan mengetahui dapat suatu hal. Dalam bhs Indonesia, merk awareness berarti ilmu atau kesadaran merek. Jadi, misalkan Anda sedang menyaksikan sepatu, di dalam seketika Anda sudah mengenal merk sepatu tersebut sebab barang tersebut mempunyai ciri khas tersendiri.

Nah, kalau demikian, apakah kesadaran merk itu perlu di dalam dunia bisnis? Bagaimana cara menambah merk awareness atau kesadaran merek? Yuk lihat penjelasannya dari awal hingga habis!

Menciptakan tingkatan merek awareness jadi kunci utama dalam alur promosi sebuah produk baru atau upaya membangkitkan kembali produk lama. Lalu, bagaimana langkah kerjanya? Berbagai merek dagang saling berkompetisi untuk jadi top of mind para costumer di luar sana.

Apabila costumer menyebutkan suatu produk, maka akan ada merek tertentu yang terlintas di benak mereka dalam level tertentu. Ada yang sampai langkah pengenalan elemen (jingle, warna, bentuk) saja atau langkah jelas secara menyeluruh. Itu artinya, kiat pengenalan merek udah berhasil diterapkan kepada tujuan audience branding agency jakarta.

Produk atau sarana yang berhasil memperkenalkan dan menjaga citranya yang tinggi condong berhasil pula dalam penjualan. Maka dari itu, costumer lebih menentukan produk bermerek terkenal daripada merek baru bersama banyak klaim sebab merek terkenal condong kuat dalam menjaga citranya.